Solo, CNN Indonesia

KGPAA Mangkunegara X, Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo terpapar demam berdarah. Kabar tersebut disampaikan Kepala Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Solo, Ferry Indrianto, Rabu (8/5).

Sedianya Gusti Bhre, sapaan akrab Mangkunegara X diundang di acara Halal bi Halal yang digelar Kadin dan komunitas Solo Bersama Selamanya (SBS) digelar di Ballroom Solo Paragon Hotel. Dalam sambutannya, Ferry menyampaikan permohonan izin Gusti Bhre yang disampaikan melalui pesan WhatsApp.=


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saat ini beliau positif DBD. Kita doakan Kanjeng Gusti Bhre diberikan kesehatan dan pulih kembali,” Ferry di depan para tamu undangan.

Saat dikonfirmasi, asisten pribadi Bhre, RMH Haryo Dananjoyo membenarkan kabar tersebut. Pria yang akrab disapa Ryo itu mengatakan Bhre mulai merasakan gejala sejak Jumat (3/5) lalu.

“Mulai merasa tidak enak badan sejak tanggal tiga,” kata Ryo saat dihubungi melalui telepon, Kamis (9/5).

Meski positif demam berdarah, Bhre tidak dirawat di rumah sakit. Menurut Ryo, penguasa Pura Mangkunegaran itu mendapat perawatan di rumah dengan pengawasan dokter.

“Dirawat di rumah. Dipantau dokter,” katanya.

Bahkan menurut Ryo, kondisi Bhre sudah membaik setelah beristirahat cukup. Ia pun sudah menghadiri beberapa agenda di Mangkunegaran.

“Kemarin sudah membaik,” katanya.

Kasus demam berdarah di Kota Solo sendiri mengalami peningkatan sejak awal 2024. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Solo mencatat ada 72 kasus demam berdarah dengan 4 angka kematian pada pertengahan April lalu. Jumlah tersebut meningkat tersebut meningkat dari akhir Maret yang mencapai 45 kasus.

“Incidence rate (jumlah kasus baru dalam populasi) 12,28 per 100 ribu penduduk. Kalau case fatality-nya rate (jumlah persentase angka kematian) 5,56 persen,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Solo, Tenny Setyoharini pertengahan April lalu.

(syd/pmg)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *