Jakarta, CNN Indonesia

Kecelakaan rombongan SMK Lingga Kencana, Depok di kawasan Ciater, Subang, Jawa Barat, pada Sabtu (11/5) lalu, menambah daftar panjang rentetan kecelakaan bus rombongan pelajar dalam lima tahun terakhir.

Berdasarkan catatan CNNIndonesia.com, kecelakaan bus rombongan siswa sekolah sudah beberapa kali terjadi sejak 2019 lalu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada tahun itu setidaknya terjadi tiga kecelakaan bus pariwisata rombongan sekolah. Pertama kecelakaan bus rombongan siswa SDN Harapan 1 Banten terguling di Puncak, Bogor (1/5/).

Kemudian kecelakaan beruntun rombongan SMAN 6 Padang di Sitinjau Lauik, Padang (11/12), dan kecelakaan rombongan SMP N 1 Subah, Kabupaten Batang di Tol Cipali KM 181 jalur A, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (23/10).

Selanjutnya pada 2020, terdapat tiga kasus yang ditemukan yakni kecelakaan bus sekolah milik PT Antam Tbk, di Sanggau, Kalimantan Barat (6/2).

Kecelakaan tunggal rombongan SMKN 1 Cianjur, di Garut, Jawa Barat, Rabu (22/7)

Lalu kecelakaan rombongan Outing Class SMPN 20 Jatibening Pondok Gede dengan tujuan Garut pada Jumat pagi (7/2) ditabrak oleh bus Budiman jurusan Tasikmalaya-Kalideres.

Berikut sederet peristiwa kecelakaan rombongan pelajar selama 4 tahun terakhir yang telah dirangkum oleh CNNIndonesia.com dari berbagai sumber:

2021

Kecelakaan Bus Rombongan SMP IT Al Muawwanah

Bus Sri Padma Kencana yang membawa rombongan peserta ziarah SMP IT Al Muawwanah, Cisalak, Subang jatuh ke jurang sedalam 500 meter di Tanjakan Cae, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (10/3), sekitar pukul 18.30 WIB. Dari total 63 orang penumpang, 27 orang diantaranya dinyatakan meninggal dunia.

Kecelakaan Bus Sekolah Pendidikan Kepolisian Negara (SPN) Polda Jambi

Bus rombongan siswa Sekolah Pendidikan Kepolisian Negara (SPN) Polda Jambi mengalami kecelakaan dengan mobil truk bermuatan kayu karet di Simpang IV Paal X depan Polsek kota Baru, Kota Jambi, Selasa (7/12) sekitar pukul 06.57 WIB. Satu orang meninggal dunia dan sejumlah lainnya luka-luka dalam peristiwa itu.

2022

Kecelakaan Bus Rombongan Guru SD Sayang Jatinangor

Bus City Trans Utama yang membawa rombongan guru SD Sayang, Jatinangor masuk ke jurang di Jalan Raya Rajapolah, tepatnya di Kampung Cireundeu, Desa Manggungsari, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (25/6/2022) dini hari. Dari 59 penumpang, tiga orang meninggal dunia dan 56 lainnya mengalami luka-luka.

Kecelakaan Bus Rombongan SMP Negeri 1 Kepanjen Malang

Bus rombongan SMP Negeri 1 Kepanjen Malang, mengalami kecelakaan yang dipicu tabrakan beruntun antar 4 bus di Jalan Tol Solo-Sragen, tepatnya di Kilometer 513,8 Kecamatan Kebakramat, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (11/5/2022) dini hari. Akibat peristiwa ini, satu orang meninggal dan beberapa orang lainnya terluka.

Kecelakaan Bus Rombongan Mts Annur Sawahan Turen

Bus pariwisata yang mengangkut rombongan siswa MTS Annur Sawahan, Turen, terperosok ke jurang di Desa Plandi, Wonosari, Kabupaten Malang, Sabtu (13/8). Dari 23 siswa, 2 orang siswa mengalami luka ringan.

Kecelakaan Bus SMAN 1 Wonosari Gunung Kidul

Bus rombongan SMAN 1 Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta mengalami kecelakaan akibat menabrak truk tronton bermuatan galon di Tol Porong-Sidoarjo KM 760.200/B, Kamis (7/7) dini hari. Akibat peristiwa itu, satu orang dinyatakan meninggal dunia.

Kecelakaan Bus Rombongan SMP Labschool Unesa 2 Surabaya

Bus rombongan SMP Labschool Unesa 2 Surabaya menabrak 12 kendaraan akibat rem blong di Jalur Denpasar-Singaraja, Banjar Pacung, Desa Baturiti, Tabanan, Sabtu (18/6) siang pukul 11.15 WITA. Dari 9 korban kecelakaan, 1 di antaranya tewas sedangkan 8 lainnya luka-luka.

Kecelakaan Bus Rombongan MI Miftahul Maarif Kudus

Bus Pariwisata PO Kalingga Jaya yang membawa rombongan MI Miftahul Maarif Kudus mengalami kecelakaan menabrak tebing dari arah Pemalang, tepatnya Jalan Raya Bayeman, Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga pada Kamis (3/3), sekitar pukul 04.00 WIB. Akibat kecelakaan itu, satu korban meninggal dunia dan 21 orang mengalami luka-luka.

Kecelakaan Bus Rombongan MTS Darul Fallah Cijati

Bus yang mengangkut rombongan MTS Darul Fallah Cijati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mengalami kecelakaan di tol Semarang-Batang pada Senin (28/2) dini hari. Akibatnya, 1 orang dinyatakan meninggal dunia, dan siswa lainnya mengalami luka-luka.

Berlanjut ke halaman berikutnya…






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *