Jakarta, CNN Indonesia

Anggota Fraksi PAN Guspardi Gaus meminta pemerintah pusat menetapkan status bencana banjir bandang di Sumatera Barat menjadi bencana nasional lantaran banyak korban jiwa dan akses jalan terputus.

Hal ini ia sampaikan saat interupsi pembukaan rapat paripurna DPR di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (14/5).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Pada hari ini, Padang terkepung tak bisa masuk akses masyarakat ke kota Padang. Jalan Padang-Pekanbaru juga tertutup. Akses-akses sekarang ini sangat memprihatinkan. Karena itu saya minta pemerintah pusat agar bencana di Sumbar itu dijadikan bencana nasional,” kata Guspardi.

Guspardi meminta pemerintah pusat segera turun tangan terhadap persoalan akses jalan yang banyak terputus lantaran sangat vital. Ia mencontohkan akses Jalan Padang-Bukittinggi lewat Padang Panjang semuanya terputus.

“Bagaimana sampai ke Padang mau ke kabupaten kota di Sumbar. Sulit untuk melakukan akses itu. Jalan ke Bukittinggi lewat Padang Panjang itu adalah sesuatu jalan inti daripada akses padang Bukittinggi itu,” kata dia.

Guspardi juga mengungkapkan korban jiwa yang meninggal akibat bencana di Sumbar sudah lebih dari 50 orang. Ia lantas meminta pimpinan DPR untuk menyurati pemerintah pusat supaya lebih memberi perhatian pada bencana ini.

“Mudah-mudahan ada perhatian pimpinan DPR menyurati pemerintah pusat supaya melakukan tindakan dan melakukan penyempurnaan akibat bencana ini,” kata dia.

Sebelumnya banjir bandang melanda di sejumlah wilayah Sumatera Barat. BNPB mencatat korban tewas sebanyak 50 orang, 27 orang hilang, 37 orang luka-luka, serta 3.396 jiwa mengungsi.

(rzr/wis)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *