Jakarta, CNN Indonesia

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut jumlah korban hilang akibat banjir bandang di Sumatera Barat masih bisa bertambah.

Diketahui, berdasarkan data BNPB hingga Senin (13/5) sore, ada 15 orang yang dinyatakan hilang. Dari jumlah itu, 12 orang di Kabupaten Tanah Datar dan tiga lainnya di Kabupaten Agam.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan penambahan jumlah korban hilang ini lantaran banjir bandang itu juga terjadi di jalan akses antar wilayah.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Mungkin saja karena ini terjadi di akses jalan umum, korban-korban yang tidak dari warga daerah terdampak bisa saja melalui pas kebetulan terjadi bencana sedang melalui akses itu sehingga kemudian terdampak,” kata Abdul dalam konferensi pers, Senin (13/5).

“Jadi ini masih akan dinamis, jadi artinya korban hilang ini bisa bertambah atau tim bisa saja menemukan lagi apakah meninggal atau selamat yang tidak masuk dalam daftar pencarian 15 orang,” imbuhnya.

Karenanya, kata Abdul, pihaknya mengimbau kepada masyarakat Sumbar untuk bisa melapor jika ada anggota keluarganya yang tidak memberikan kabar dalam tiga hari terakhir.

“Mungkin saja ada kerabat yang kebetulan mungkin saja dri Bukit Tinggi ke Padang, dari Solok ke Padang kalau dia tidak ada kabar dalam tiga hari segera melapor. Di setipa kabupaten ada posko pencarian dan kita akan bentuk posko utama,” tuturnya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat jumlah korban meninggal dunia akibat bencana banjir bandang di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) bertambah menjadi 44 orang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Sumbar Fajar Sukma mengatakan jumlah tersebut berdasarkan data hingga Senin (13/5) pukul 14.15 WIB.

“Total meninggal dunia 44 orang,” kata Fajar saat dikonfirmasi.

Rinciannya, 19 orang dilaporkan meninggal dunia di Kabupaten Tanah Datar, 19 orang di Kabupaten Agam, dua orang di Kota Padang Panjang, satu orang di Kota Padang dan tiga orang di Kabupaten Padang Pariaman.

Selain itu, BPBD Provinsi Sumbar juga mencatat ada sebanyak 15 orang yang masih dilaporkan hilang dan dalam proses pencarian.

“Korban hilang total 15 orang,” ucap Fajar.

(dis/gil)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *