Tanah Datar, CNN Indonesia

Tim SAR gabungan mencari enam orang penumpang mobil yang diperkirakan terseret banjir bandang saat melintas di kawasan Air Terjun Lembah Anai, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Pencarian dilakukan dengan menyisir aliran sungai dari Lembah Anai hingga ke Muaro Anai di Kabupaten Padang Pariaman.

“Kita sisir dari sini sampai ke Muaro Anai nantinya. Sekitar 40 kilometer,” kata Koordinator tim pencari, Donal Debra kepada CNNIndonesia.com di lokasi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Donal menyebut penyisiran dilakukan dengan melibatkan kelompok arung jeram.

“Kemampuan kawan-kawan ini bermanuver di aliran sungai diharapkan bisa membantu menemukan korban,” katanya.

Sesuai laporan yang diterima posko, saat banjir bandang dan banjir lahar dingin terjadi pada Sabtu (11/5) malam, ada sejumlah kendaraan yang sedang melintas. Dua diantaranya adalah mobil jenis Toyota Yaris dan kendaraan travel jenis Toyota Avanza.

“Di Mobil sedan (Yaris) ada satu orang, sementara di mobil travel ada lima orang. Mereka yang kita cari,” jelas Donal¬†tanpa merinci nama para penumpang kendaraan tersebut.

Pencarian akan dilakukan selama masa tanggap darurat. “Saat ini kita coba cari dulu selama tiga hari ke depan. Ada 80 personel yang terlibat,” katanya.

Banjir bandang dan banjir lahar dingin yang berasal dari Gunung Marapi, menerjang beberapa kawasan di Kabupaten Agam, Tanah Datar dan Padang Panjang pada Sabtu tengah malam. Tiga daerah tersebut merupakan daerah yang berada di kaki Gunung Marapi dan Gunung Singgalang.

Musibah pada Sabtu itu menyebabkan puluhan orang meninggal dunia dan belasan lainnya mengalami luka.

Juru Bicara BPBD Sumbar, Ilham Wahab menyebut korban meninggal saat ini berjumlah 41 orang

“Data jumlah korban memang terus bergerak, karena proses pencarian terus dilakukan. Hingga siang ini, jumlah korban (meninggal dunia) 41 orang,” kata Ilham kepada wartawan.

“Yang dicari ada 17 orang lagi, sesuai dengan laporan orang hilang yang masuk,” tambah dia.

Selain mengakibatkan korban tewas, banjir bandang juga memutus jalan utama Padang-Bukittinggi. Kondisinya saat ini terputus total karena ambles di kawasan Air Terjun Lembah Anai.

(ned/wis)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *