Jakarta, CNN Indonesia

Kabupaten Badung, Bali memiliki beragam tradisi unik. Tradisi masyarakat lokal ini bisa menjadi daya tarik bagiĀ wisatawan yang melancong ke Pulau Dewata.

Setiap tradisi tersebut memiliki makna dan tujuan masing-masing. Pertama tradisi Siat Yeh di Desa Adat Jimbaran.

Tradisi ini mempertemukan dua sumber Tirta atau mata air di Desa Adat Jimbaran. Pertama Pantai Suwung (air rawa) yang berada di timur dan yang kedua Pantai Segara yang berada di barat


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mengutip situs Dinas Budaya Provinsi Bali, tradisi tersebut dilaksanakan sehari setelah hari Raya Nyepi oleh masyarakat adat Jimbaran, terkhusus di Banjar Teba.

Kedua tradisi Kebo Dongol di Desa Adat Kapal. Tradisi Kebo Dongol adalah tradisi sakral yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali setiap Piodalan.

Pelaksanaannya di Pura Kahyangan Jagat Dhalem Bangun Sakti Br, Basang Tamiang, Desa Adat Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung.

Kemudian Tradisi Ngaturang Bija di Desa Darmasaba. Tradisi ini dilaksanakan saat Upacara Ngenteg Linggih di Pura, baik pura teritorial ataupun pura kawitan.

Ngaturang Bija dilaksanakan oleh warga desa Darmasaba yaitu Banjar Cabe, Banjar Manesa, Banjar Darmasaba, dan Banjar Panenjoan.

Keempat ada Tradisi Mekotek. Mekotek adalah warisan leluhur, adat budaya, dan tradisi yang turun temurun terus dilakukan umat Hindu di Bali.

Perayaan upacara Mekotek selalu dilaksanakan warga Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung Bali pada setiap Hari Raya Kuningan.

Selanjutnya ada tradisi Perang Tipat yang menjadi bagian dari proses ritual keagamaan turun-temurun pada setiap tahun berdasarkan kalender Bali.

Ritual berlangsung di Pura Kapal dan diawali dengan upacara persembahyangan bersama seluruh warga desa.

Beberapa tradisi di Badung juga telah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

Profil Kabupaten Badung

Kabupaten Badung adalah salah satu daerah yang dinominasikan dalam CNN Indonesia Awards. ajang penghargaan kedua yang digelar CNN Indonesia ini akan berlangsung pada 13 Mei 2024 di Bali.

Kabupaten Badung memiliki 6 wilayah kecamatan, meliputi Kecamatan Kuta Selatan, Kecamatan Kuta, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Mengwi, Kecamatan Abiansemal, dan Kecamatan Petang. Terdapat juga 62 desa/kelurahan serta 12 desat adat.

Ibu kota Badung berada diMangapura. Kabupaten ini terletak membujur dari tengah hingga selatan Pulau Bali.Kabupaten Badung memiliki luas wilayah sebesar 418,52 kmĀ².

Daerah Badung meliputi Kuta dan Nusa Dua, objek wisata yang terkenal di Bali. Pada akhir tahun 2023, jumlah penduduk Badung sebanyak 530.226 jiwa.

Kabupaten Badung dulunya bernama Nambangan sebelum diganti oleh I Gusti Ngurah Made Pemecutan pada akhir abad ke-18.

Secara administratif, wilayah Kabupaten Badung berbatasan dengan beberapa wilayah kabupaten/kota di Bali, yaitu bagian utara dengan Kabupaten Buleleng, timur dengan Kota Denpasar, Kabupaten Bangli, dan Kabupaten Gianyar, selatan dengan Samudera Hindia, serta barat dengan Kabupaten Tabanan.

Kabupaten Badung kini dipimpin oleh Bupati I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati I Ketut Suiasa.

(tim/fra)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *