Jakarta, CNN Indonesia

Pemerintah Kabupaten Badung, Bali telah menerapkan transparansi pengelolaan anggaran. Mereka terus berkoordinasi dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menjelaskan transparansi, sistem tata kelola yang kuat juga harus dibarengi dengan pejabat yang tegak lurus dalam menjalankan tugasnya.

Giri Prasta mencontohkan dalam mengimplementasikan transparansi anggaran, pihaknya mewajibkan setiap Desa Adat di Badung saat menggelar upacara menggunakan sistem pengelolaan dana secara online dan realtime.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ini akan menjadi transparan tata kelola keuangannya, bisa dipantau dan dilihat oleh semua warga setiap detiknya,” ujarnya.

Kabupaten Badung memiliki Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Badung tahun 2024 sebesar Rp9,5 triliun lebih.

Pendapatan daerah ditetapkan sekitar Rp9,5 triliun, salah satunya dari pendapatan asli daerah (PAD) sekitar Rp8,5 triliun.

Kemudian belanja daerah sekitar Rp 9,6 triliun. Terdiri dari belanja operasional sekitar Rp6,1 triliun, belanja modal Rp2,1 triliun, hingga belanja transfer Rp1,2 triliun

Profil Kabupaten Badung

Kabupaten Badung adalah salah satu daerah yang dinominasikan dalam CNN Indonesia Awards. ajang penghargaan kedua yang digelar CNN Indonesia ini akan berlangsung pada 13 Mei 2024 di Bali.

Kabupaten Badung memiliki 6 wilayah kecamatan, meliputi Kecamatan Kuta Selatan, Kecamatan Kuta, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Mengwi, Kecamatan Abiansemal, dan Kecamatan Petang. Terdapat juga 62 desa/kelurahan serta 12 desat adat.

Ibu kota Badung berada diMangapura. Kabupaten ini terletak membujur dari tengah hingga selatan Pulau Bali.Kabupaten Badung memiliki luas wilayah sebesar 418,52 kmĀ².

Daerah Badung meliputi Kuta dan Nusa Dua, objek wisata yang terkenal di Bali. Pada akhir tahun 2023, jumlah penduduk Badung sebanyak 530.226 jiwa.

Kabupaten Badung dulunya bernama Nambangan sebelum diganti oleh I Gusti Ngurah Made Pemecutan pada akhir abad ke-18.

Secara administratif, wilayah Kabupaten Badung berbatasan dengan beberapa wilayah kabupaten/kota di Bali, yaitu bagian utara dengan Kabupaten Buleleng, timur dengan Kota Denpasar, Kabupaten Bangli, dan Kabupaten Gianyar, selatan dengan Samudera Hindia, serta barat dengan Kabupaten Tabanan.

Kabupaten Badung kini dipimpin oleh Bupati I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati I Ketut Suiasa.

(tim/fra)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *