Jakarta, CNN Indonesia

Zulfikar terlihat bingung di tengah kerumunan orang-orang tua di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Zulfikar menjadi calon jemaah haji termuda dari kloter DKI Jakarta. Usia dia 19 tahun.

“Agak bingung sih, soalnya pengin komunikasi agak gimana gitu bapak-bapak, mungkin saya akan usahakan,” kata Zulfikar saat ditemui di Asrama Haji Pondok Gede.

“Mungkin perasaannya campur aduk karena belum ketemu sama yang sepantaran saya. Mungkin kalau sudah ketemu bisa diajak ngobrol,” sambungnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Takdir membawa Zulfikar hendak ke tanah suci. Menjelang keberangkatan ibadah haji, sang ayah menderita sakit sehingga tidak bisa menunaikan rukun Islam kelima tersebut. Ia bersama ibunya yang sudah berusia lanjut dijadwalkan berangkat ke tanah suci Minggu (12/5) besok.

“Kebetulan bapak saya akhir-akhir sebelum keberangkatan terkena penyakit dan sedikit komplikasi sehingga saya menggantikan bapak saya. Saya menggantikan bapak untuk keberangkatan haji bersama ibu saya. Harusnya sih ibu sama bapak yang berangkat,” tutur Zulfikar.

Ia mengatakan perasaannya campur aduk. Ia tidak menyana akan berangkat haji secepat ini.

“Campur aduk. Ada senangnya, ada sedihnya. Soalnya kan menggantikan bapak yang harusnya saya anterin bapak, jadi bapak yang anterin saya,” imbuhnya.

Zulfikar yang merupakan warga Tambora, Jakarta Barat, ini mafhum ibadah haji memerlukan persiapan yang matang. Untuk itu, ia mengaku sudah mempersiapkan fisik dan mental sebaik mungkin.

“Yang paling penting mental dan pikiran karena ini bukan perjalanan 1-2 hari. Secara mental kuat-kuatin saja. Jadi, mikirnya gimana nanti, bukan nanti kayak gimana. Ya, kuat-kuatin saja,” ucap Zulfikar.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Jakarta Cecep Khairul menyatakan sebanyak 385 calon jemaah haji kloter DKI Jakarta akan berangkat ke tanah suci Mekkah.

“Dari jemaah ini yang termudanya di usia 19 tahun atas nama bapak Zulfikar, kemudian yang tertuanya 93 tahun,” kata Cecep.

Teruntuk kloter pertama ini, terang Cecep, panitia menyediakan delapan kursi roda untuk calon jemaah haji lanjut usia (lansia). Ia mengatakan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan kantor kesehatan Bandara Soekarno Hatta terkait pelayanan terhadap calon jemaah haji terutama yang lansia.

“Karena kita pahami bahwa tagline pada tahun ini sama yaitu ramah lansia sehingga kami melakukan beberapa pelayanan yang berbasis pada lansia,” tandasnya.

(ryn/bmw)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *