Jakarta, CNN Indonesia

Pemerintah Kabupaten Badung, Bali telah membuat berbagai kebijakan terkait lingkungan keberlanjutan. Sejumlah program itu dicanangkan untuk menjaga lingkungan tetap lestari.

Kabupaten Badung berhasil meraih Penghargaan Trofi Adipura kategori kota kecil untuk periode penilaian tahun 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kadis DLHK Badung I Wayan Puja mengatakan Piala Adipura merupakan bentuk pengakuan dari prestasi yang telah dicapai dalam pengelolaan lingkungan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Puja menyebut pihaknya berkomitmen dalam menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan hijau secara berkelanjutan.

Masalah sampah jadi salah satu persoalan serius yang dihadapi Kabupaten Badung. Puja menyebut pihaknya mengajak masyarakat untuk ikut terlibat dalam menangani persoalan ini.

“Inilah yang harus terus-menerus kita waspadai, kita kelola supaya prestasi yang kita peroleh hari ini bisa berkelanjutan,” jelasnya.

Pengelolaan sampah di wilayah Kabupaten Badung selama ini juga telah menerapkan pola penanganan sampah dengan 3R yaitu reuse, reduce dan recycle.

Pemkab Badung juga telah membuat program “Gilas Sampah”. Program yang dirangkaikan dengan edukasi pemilahan sampah dan penukaran sampah terpilah itu dilakukan dalam rangka penyelenggaraan Indonesia International Waste Expo(IIWAS), TriSenses Bali 2022.

Profil Kabupaten Badung

Kabupaten Badung adalah salah satu daerah yang dinominasikan dalam CNN Indonesia Awards. Ajang penghargaan kedua yang digelar CNN Indonesia ini akan berlangsung pada 13 Mei 2024 malam di Bali.

Kabupaten Badung memiliki 6 wilayah kecamatan, meliputi Kecamatan Kuta Selatan, Kecamatan Kuta, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Mengwi, Kecamatan Abiansemal, dan Kecamatan Petang. Terdapat juga 62 desa/kelurahan serta 12 desat adat.

Ibu kota Badung berada di Mangapura. Kabupaten ini terletak membujur dari tengah hingga selatan Pulau Bali.Kabupaten Badung memiliki luas wilayah sebesar 418,52 kmĀ².

Daerah Badung meliputi Kuta dan Nusa Dua, objek wisata yang terkenal di Bali. Pada akhir tahun 2023, jumlah penduduk Badung sebanyak 530.226 jiwa.

Kabupaten Badung dulunya bernama Nambangan sebelum diganti oleh I Gusti Ngurah Made Pemecutan pada akhir abad ke-18.

Secara administratif, wilayah Kabupaten Badung berbatasan dengan beberapa wilayah kabupaten/kota di Bali, yaitu bagian utara dengan Kabupaten Buleleng, timur dengan Kota Denpasar, Kabupaten Bangli, dan Kabupaten Gianyar, selatan dengan Samudera Hindia, serta barat dengan Kabupaten Tabanan.

Kabupaten Badung kini dipimpin oleh Bupati I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati I Ketut Suiasa.

(tim/fra)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *