Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Sejumlah nama digadang-gadang akan maju sebagai calon gubernur Banten di Pilkada 2024. Beberapa di antaranya bahkan telah mengambil formulir ke partai politik.

Tak sedikit pula baliho dan spanduk bergambar wajah mereka yang terpampang di berbagai tepi jalan raya.

Pilkada 2024 akan dihelat serentak di seluruh Indonesia. Mulai dari level provinsi hingga kabupaten/kota. Provinsi Banten juga salah satunya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT




Politisi Partai Golkar yang juga mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany memberi sambutan usai menyerahkan formulir penjaringan bakal calon gubernur Banten di Kantor DPW PAN Banten, di Serang, Senin (6/5/2024). Partai Golkar yang memiliki 14 kursi di DPRD Provinsi Banten membutuhkan dukungan PAN (7 kursi) karena untuk bisa mengusung cagub pada pilkada November mendatang masih membutuhkan tambahan 6 kursi. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/aww.Kader Partai Golkar Airin Rachmi sudah menyatakan siap menjadi calon gubernur Banten di Pilkada 2024 (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/aww.)

Airin Rachmi Diany

Airin Rachmi Diany lahir di Banjar, Jawa barat pada 28 Agustus 1976. Pernah menjadi Wali Kota Tangerang Selatan pada 2011 hingga 2021 lalu.

Airin adalah lulusan Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung yang kini kader Partai Golkar. Dia merupakan menantu dari mantan Gubernu Banten Ratu Atut Chosiyah.

Nama Airin Rachmi Diany sudah disebut Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartanto sebagai nama yang bakal diusung sebagai bakal calon gubernur Banten.

Sejauh ini, Airin juga telah mengambil formulir ke PKB dan PDIP. Nantinya, partai politik akan menggodok nama Airin dan tokoh-tokoh lainnya.

Di Pemilu 2024 lalu dia juga menjadi calon anggota DPR. Berhasil meraup suara terbanyak dalam pemilihan anggota DPR di Pemilu 2024 lalu di daerah pemilihan Banten III.




Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah Mantan Wali Kota Tangerang dua periode Arief Rachadiono sudah mengambil formulir dari beberapa partai politik untuk mengikuti Pilgub Banten (CNN Indonesia/Mundri Winanto)

Arief Wismansyah

Lahir 23 April 1977. Sejak lahir hingga remaja tumbuh di Tangerang hingga menjabat sebagai wali kota dua periode yakni tahun 2013 hingga 2023.

Selain politikus Partai Demokrat, Arief juga dikenal sebagai pengusaha PT Sari Asih Group.

Dia telah menyatakan ingin maju sebagai calon gubernur Banten di Pilkada 2024. Dia mengumumkan niatnya itu pada 6 Mei lalu. Sejauh ini, ia sudah mengambil formulir ke PAN, NasDem dan PDIP.

Dia juga tidak mematok harus menjadi calon gubernur. Apabila komunikasi dengan partai politik berujung dirinya dijadikan calon wakil gubernur, dia tidak keberatan.

Achmad Dimyati Natakusumah

Satu lagi nama yang digadang-gadang akan maju dalam Pilgub Banten mendatang yakni Achmad Dimyati Natakusumah.

Pria kelahiran 17 September 1966 ini sempat menjabat sebagai Bupati Pandeglang periode 2000-2009. Kini anggota DPR-RI Fraksi PKS di Dapil Banten I sejak 2009.

Dimyati telah menyatakan kesiapannya untuk melawan kandidat lain di Pilkada Banten. Spanduk serta baliho pun sudah dipasang di banyak tempat.

Sejauh ini, Dimyati telah mendaftarkan diri ke tiga partai, yakni PDIP, PKB dan juga NasDem. Selanjutnya berencana mendaftarkan diri ke parpol lainnya.

Walaupun pencalonan Dimyati sebanyak 4 kali sebelumnya belum pernah berbuah kemenangan, Ia tetap berambisi karena bercita-cita menjadikan Banten yang modern dan sejahtera.




Gubernur Banten, Wahidin Halim usai mengunjungi korban kebakaran pabrik kembang api Kosambi yang dirawat di RSUD Kabupaten Tangerang, Jumat (27/10). Mantan Gubernur Banten Wahidin Halim ingin kembali ikut Pilkada 2024 (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)

Wahidin Halim

Mantan Gubernur Banten periode 2017-2022, Wahidin Halim juga masih masuk dalam daftar nama bakal cagub di Pilkada 2024 mendatang.

Wahidin merupakan mantan kader Partai Demokrat. Politikus terbilang senior kelahiran 14 Agustus 1954 itu kini menjadi anggota Partai NasDem dan didapuk sebagai ketua wilayah Banten.

Ia juga telah menyatakan kesiapannya untuk ikut dalam Pilkada 2024 asal mendapat restu dari Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Wahidin juga merupakan anggota DPR terpilih hasil Pemilu 2024 lalu dari daerah pemilihan Banten III.




Mantan Wakil Gubernur Banten, Rano Karno penuhi panggilan Jaksa Penuntit Umum (JPU) KPK dalam sidang kasus korupsi pengadaan Alat Kedokteran Rumah Sakit Provinsi Banten pada Dinas Kesehatan Provinsi Banten APBD dan APBD-P Tahun Anggaran 2012.Jakarta, Senin (24/2/2020).
Rano bersaksi untuk terdakwa Tubagus Chaeri Whardhana selaku mantan Komisaris Utama PT Bali Pasific Pragama di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. CNN Indonesia/Andry NovelinoMantan Wakil Gubernur Banten, Rano Karno digadang-gadang bakal mengikuti Pilkada 2024 (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Rano Karno

Kelahiran Jakarta, 8 Oktober 1960. Pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Tangerang, Wakil Gubernur Banten serta Gubernur Banten. Selama ini dikenal sebagai kader PDIP.

Sebelumnya sempat mencalonkan diri sebagai Gubernur Banten, berpasangan dengan Embay Mulya Syarief di Pilgub Banten 2017. Pesaing mereka,Wahidin Halim-Andika Haazrumy, yang akhirnya dinyatakan menang.

Saat ini, Rano Karno sudah mengambil formulir dari PDIP untuk kembali maju sebagai calon gubernur Banten di Pilkada 2024.

Selain di politik, Rano Karno populer di dunia hiburan. Dia dikenal sebagai aktor dan sutradara berbagai sinema. Bahkan sejak kecil dia sudah dikenal publik sebagai artis cilik.

(rts/bmw)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *