Makassar, CNN Indonesia

Sebanyak 1.336 calon jemaah haji yang berusia lanjut atau lansia berasal dari Sulawesi Selatan. Mereka akan mendapat pelayanan skala prioritas.

“Lansia untuk Sulsel, 1.336 orang,” kata Kabid Penyelenggara Haji Dan Umrah Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan, Ikbal Ismail, Sabtu (11/5).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ikbal menerangkan ada dua kategori lansia yang mendapatkan layanan prioritas dalam pelaksanaan haji tahun ini yakni, lansia mandiri dan lansia nonmandiri.

Lansia mandiri yaitu lansia yang berusia 65 tahun ke atas yang secara fisik masih bisa berjalan. Sedangkan, lansia nonmandiri yakni lansia yang tidak bisa berjalan yang hanya menggunakan kursi roda.

“Inilah lansia tidak mandiri kita prioritaskan, dalam pelayanannya kami akan mengunjungi mereka dan membagikan apa kebutuhannya, termasuk makannya,” ungkapnya.

Sementara ini, kata Ikbal, sebanyak 450 calon jamaah haji Embarkasi Makassar mulai memasuki Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan. Mereka sdiberangkatkan ke Tanah Suci, pada Minggu (12/5) besok.

“Kami menerima kloter pertama dari asal Makassar jumlahnya 450 jamaah. Insyaallah besok akan masuk di aula pemberangkatan dan akan kami berangkatkan pukul 16.30 WITA,” katanya.

Sedangkan untuk kloter kedua nantinya, kata Ikbal akan masuk di Asrama Haji Sudiang pada pukul 20.00 WITA.

“Ada dua kloter hari ini dan kloter kedua akan kita terima pada pukul 20:00 WITA. Kloter kedua asal Sidrap dan Selayar,” katanya.

Dalam 450 calon haji asal Makassar tersebut terdapat 76 jemaah haji yang kategori lansia yang sudah berada di Asrama Haji Sudiang dan siap diberangkatkan pada Minggu besok.

Embarkasi Makassar yang berasal dari 8 provinsi di Indonesia Timur yakni, Sulsel, Sulbar, Sultra, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat sebanyak 16.364 orang yang terbagi dalam 38 kelompok terbang (kloter).

(mir/fra)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *