Jakarta, CNN Indonesia

Kementerian Pertahanan (Kemhan) menyatakan telah mengajukan alokasi anggaran khusus untuk penanganan konflik di Papua.

Hal itu disampaikan Plt. Sekjen Kemhan Donny Ermawan Taufanto dalam acara Pembekalan Program Kegiatan Bersama (PKB) Kejuangan 2024 di Seskoal, Jakarta Selatan, Rabu (8/5).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Donny mengatakan anggaran khusus yang diajukan itu hingga kini belum turun.

“Kita juga sangat concern dengan hal ini, beberapa sudah kita ajukan kepada pemerintah untuk anggaran tambahan khusus untuk penanganan¬†Papua tapi sampai saat ini anggaran khusus itu belum turun,” kata Donny saat menjawab pertanyaan salah satu peserta acara.

Ia menjelaskan untuk menangani masalah di Papua, selama ini pemerintah telah melakukan pendekatan kesejahteraan. Selain itu, dilakukan juga pendekatan keamanan.

Donny mengatakan anggaran khusus itu diperuntukkan membeli perlengkapan prajurit.

Ia menjelaskan dalam pengenalan medan di Papua, prajurit TNI maupun personel Polri tidak sebaik Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Menurutnya, kekurangan itu bisa diatasi dengan melengkapi teknologi hingga peralatan bagi prajurit di Papua.

“Mereka tahu medan, mereka fisiknya bagus, saya rasa kita bisa atasi kekurangan tersebut dengan menggunakan teknologi. Kita akan berikan beberapa helikopter tambahan, pesawat dan sebagainya, peralatan untuk sensor-sensor untuk mendeteksi ataupun melakukan tindakan kekerasan balasan kepada OPM tersebut,” katanya.

(yoa/fra)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *