Jakarta, CNN Indonesia

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) menyinggung klub mantan wakil presiden saat ditanya soal rencana presiden terpilih Prabowo Subianto membuat presidential club.

JK mengatakan di dunia ada klub serupa bernama Club de Madrid. Klub itu beranggotakan mantan pimpinan berbagai negara, termasuk JK.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kalau di Club de Madrid juga ada wapres. Kalau di sini saya tidak tahu maunya bagaimana,” kata JK di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Selasa (7/5).

JK mengapresiasi gagasan Prabowo membentuk presidential club. Menurutnya, ide itu sangat baik.

Ia berkata kebijakan itu memang sudah dilakukan berbagai negara. Selain Club de Madrid, ada The Presidents Club di Amerika Serikat.

“Memang ada klub seperti itu. Di Amerika ada. Walaupun tidak resmi, mantan-mantan presiden Amerika masih, selalu sekali setahun bertemu untuk memberikan saran-saran,” ujarnya.

Sebelumnya, Prabowo menggagas pendirian klub khusus mantan presiden. Klub itu dinamai presidential club.

Prabowo akan membentuk forum yang mewadahi diskusi antara dirinya dengan beberapa eks presiden. Beberapa di antaranya Presiden ke-7 RI Jokowi, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Rencana itu diungkap oleh Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menyebut gagasan itu sudah lama dipikirkan oleh Prabowo.

“Tentu ini serius sekali, gagasan tersebut sudah disampaikan Pak Prabowo, sering didiskusikan dengan kami, terutama kader-kader Partai Gerindra sejak bertahun-tahun lalu,” kata Habiburokhman di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (6/5).

(dhf/fra)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *